SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI KESBANGPOL PROVINSI SUMATERA SELATAN  

Jalan Kapten F. Tandean

(0711) 354715

H. Herman Deru Berbagi Pengalaman Terkait Leadership Di Sekolah Pimpinan BI

Dikirim oleh : | Kategori : Kesbangpol Sumsel | 25/09/2019 06:28:07 WIB

Palembang - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengatakan bahwa Seorang pemimpin harus mampu mengelola tiga komponen yaitu managemen waktu, ekspresi, dan penyampaian.

Selain itu, ada juga banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dari pengalaman. Yang dengan hal-hal tersebut dapat digunakan dalam memimpin.

Pernyataan tersebut dipaparkan oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru sebagai narasumber dan inspirator dalam diskusi dan tanya jawab tentang leadership dengan para peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Sekolah Pimpinan (SESPI) BI Angkatan XXXV Tahun 2019, Senin (21/10/2019)

"Menurut persepsi saya ketiga komponen itu adalah rahasia yang harus dipenuhi kalau mau menjadi pemimpin yang sukses," ujarnya

Dijelaskan Herman Deru, seorang pemimpin dituntut pintar membagi waktu baik itu yang berkaitan dengan keluarga, agama maupun lingkungan sekitarnya. Karena menurutnya masih sedikit sekali pemimpin yang bisa sukses melakukan keduanya secara seimbang.

"Saya juga tidak sempurna tapi terus berupaya menjaga ini tetap seimbang. Saya tidak mau sukses tapi keluarga dan dalam agama saya lalai. Nah untuk hal yang seperti ini kita sendiri yang bisa mengaturnya," jelas Herman Deru.

Demikian halnya soal ekspresi. Sebagai orang yang pernah menjadi pemimpin di daerah selama 10 tahun, Gubernur Herman Deru  mengatakan tidak harus bawahan yang beradaptasi dengan atasan baru. Tapi sebaliknya atasan juga jangan sungkan beradaptasi dengan bawahan dalam hal-hal tertentu.

"Cara senyum, cara melihat, cara melirik bahkan bersalaman semua itu menentukan suksesnya kepemimpinan. Bagaimana orang mau suka kalau cara bersalaman kita saja sudah membuat orang lain sebal, atau mungkin mungkin senyum kita kurang. Ekspresi ini penting sekali dikelola," jelasnya.

Selanjutnya kata Herman Deru adalah manajemen penyampaian. Jangan sampai setelah menjadi pemimpin, kata-kata yang disampaikan ngawur atau membuat orang tersinggung sehingga pesan penting yang ingin disampaikan malah tidak sampai.
.
Turut hadir Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Prov Sumsel, Ir. Yohannes H. Toruan, M.Sc., Kepala Perwakilan BI Sumsel, Yunita Resmi Sari, Karo Perekonomian Prov Sumsel, H. Afrian Joni., SE., M.M.

Sumber : MC Diskominfo Prov. Sumsel